Kamis, 11 Juli 2013

Bab III



3.1.      Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai Desember pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Tempat penelitian yang dipilih adalah SMP di Kabupaten Kendal.
3.2.      Obyek Penelitian dan Sampel
2.2.1.      Objek Penelitian
Objek penelitian dalam skripsi ini adalah buku Matematika kelas VII yang digunakan pada SMP di Kabupaten Kendal.
2.2.2.      Sampel
Sampel penelitian buku ini adalah buku teks Matematika kelas VII yang dipakai secara umum pada kelas VII SMP di Kabupaten Kendal. Vriabel dalam penelitian ini adalah jumlah penduduk Kabupaten Wonosobo Tahun 2010-2020.


3.3.      Metode Pengumpulan Data
2.3.1.      Metode Observasi
Metode observasi digunakan untuk mendapatkan informasi dan menentukan buku teks Matematika kelas VII yang digunakan secara umum pada SMP di Kabupaten Kendal.
2.3.2.      Metode Dokumentasi
Dalam penelitian ini metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh bahan yang akan dianalisis yaitu salinan tujuan pembelajaran matematika yang ditetapkan oleh Pemerintah dan buku teks Matematika kelas VII yang digunakan secara umum pada SMP di Kabupaten Kendal
3.4.      Rancangan Penelitian
Penelitian ini menggunakan rancangan analisis dokumentasi dengan cara analisis deskriptif pada sampel penelitian.
3.5.      Prosedur Penelitian
2.5.1.      Persiapan
Pada tahapan ini dilakukan persiapan dengan mencari informasi buku yang digunakan secara umum oleh guru dalam proses pembelajaran matematika kelas VII, salinan tujuan pembelajaran matematika yang ditetapkan oleh Pemerintah.

2.5.2.      Pelaksanaan
Pada tahapan ini peneliti melaksanakan penelitian dengan menganalisis buku dengan instrumen dari BSNP yang telah disesuaikan. Penilai buku pada penelitian meliputi peneliti dan 1 guru matematika yang sebagai perwakilan dari Guru matematika SMP yang mengajar pada SMP di Kabupaten Kendal. Guru yang menjadi penilai dipilih dengan cara penunjukan langsung. Dalam hal ini guru yang dipilih adalah Ketua Tim MGMP Matematika SMP di Kabupaten Kendal.
3.6.      Metode Analisis Buku
Metode analisis buku teks Matematika dilakukan secara dekriptif dengan membandingkan materi yang dimuat dalam buku  teks dengan tujuan pembelajaran matematika yang ditetapkan oleh Pemerintah.
3.7.      Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang dipakai berasal dari Instrumen penilian buku teks pelajaran matematika yang diterbitkan oleh BSNP yang disesuaikan dengan penelitian ini. Adapun bentuk matriks intrumen yang telah disesuaikan menjadi sebagai berikut :


Tabel 3.2. Matriks Intrumen
No
Indikator
Bab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10




















































Skor Rata-Rata

Keterangan :
1 : sangat kurang,
2 : cukup,
3 : baik, dan
4 : lengkap.
Komponen yang dinilai dalam penelitian ini meliputi :
(a)    Kelayakan isi, dan
(b)   Kelayakan penyajian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar