3.1.
Waktu dan
Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan
pada bulan November sampai Desember pada semester gasal tahun pelajaran
2012/2013. Tempat penelitian yang dipilih adalah SMP di Kabupaten Kendal.
3.2.
Obyek
Penelitian dan Sampel
2.2.1. Objek Penelitian
Objek penelitian dalam
skripsi ini adalah buku Matematika kelas VII yang digunakan pada SMP di
Kabupaten Kendal.
2.2.2. Sampel
Sampel penelitian buku
ini adalah buku teks Matematika kelas VII yang dipakai secara umum pada kelas
VII SMP di Kabupaten Kendal. Vriabel dalam penelitian ini adalah jumlah
penduduk Kabupaten Wonosobo Tahun 2010-2020.
3.3.
Metode Pengumpulan Data
2.3.1. Metode Observasi
Metode observasi
digunakan untuk mendapatkan informasi dan menentukan buku teks Matematika kelas
VII yang digunakan secara umum pada SMP di Kabupaten Kendal.
2.3.2. Metode Dokumentasi
Dalam penelitian ini
metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh bahan yang akan dianalisis yaitu
salinan tujuan pembelajaran matematika yang ditetapkan oleh Pemerintah dan buku
teks Matematika kelas VII yang digunakan secara umum pada SMP di Kabupaten
Kendal
3.4.
Rancangan
Penelitian
Penelitian ini
menggunakan rancangan analisis dokumentasi dengan cara analisis deskriptif pada
sampel penelitian.
3.5.
Prosedur
Penelitian
2.5.1. Persiapan
Pada tahapan ini dilakukan
persiapan dengan mencari informasi buku yang digunakan secara umum oleh guru
dalam proses pembelajaran matematika kelas VII, salinan tujuan pembelajaran
matematika yang ditetapkan oleh Pemerintah.
2.5.2. Pelaksanaan
Pada tahapan ini peneliti
melaksanakan penelitian dengan menganalisis buku dengan instrumen dari BSNP
yang telah disesuaikan. Penilai buku pada penelitian meliputi peneliti dan 1
guru matematika yang sebagai perwakilan dari Guru matematika SMP yang mengajar
pada SMP di Kabupaten Kendal. Guru yang menjadi penilai dipilih dengan cara
penunjukan langsung. Dalam hal ini guru yang dipilih adalah Ketua Tim MGMP
Matematika SMP di Kabupaten Kendal.
3.6.
Metode Analisis Buku
Metode analisis buku teks
Matematika dilakukan secara dekriptif dengan membandingkan materi yang dimuat
dalam buku teks dengan tujuan
pembelajaran matematika yang ditetapkan oleh Pemerintah.
3.7.
Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang
dipakai berasal dari Instrumen penilian buku teks pelajaran matematika yang
diterbitkan oleh BSNP yang disesuaikan dengan penelitian ini. Adapun bentuk
matriks intrumen yang telah disesuaikan menjadi sebagai berikut :
Tabel 3.2. Matriks Intrumen
No
|
Indikator
|
Bab
|
∑
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Rata-Rata
|
|
Keterangan :
1 : sangat kurang,
2 : cukup,
3 : baik, dan
4 : lengkap.
Komponen yang dinilai
dalam penelitian ini meliputi :
(a)
Kelayakan isi, dan
(b)
Kelayakan penyajian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar