Jumat, 19 Desember 2014

Catatan Dalam Muhasabah

Niatanku hanya hendak lebih mengakrabkan diri dengan qur'an. Karena "aktif" di bumi dan di langit secara bersamaan sangat susah. Seringkali aktivitas keseharian kita membuat kita lalai, dan tak jarang mendangkalkan pemaknaan kita dalam ibadah. Ibadah hanya jadi rutinitas belaka. Tak ada rasa taqorub sama Allah. Maka dari itu, aku niatkan sepekan tanpa gadget tuk lebih bertaqorub pada Allah.

Namun, ternyata Allah punya cara tersendiri tuk men-tazkiyah diri ini. Bukan melalui tadabur ayat-ayat dalam qur'an melainkan mengajakku mentadaburi ayat-ayatNYA di semesta ini. Dipertemukanlah aku dengan berbagai peristiwa dan manusia. Semuanya membuatku merenung...betapa berjuta nikmatNYA telah IA karuniakan pada diri ini.

Tema yang Allah ajarkan dalam muhasabah kali ini adalah tentang KEMATIAN. IA perlihatkan padaku berbagai kisah penuh hikmah. Menunjukkan bahwa kematian begitu dekat dengan kita, kapanpun...dimanapun...

Bayi yang baru lahir...yang sejenak melukiskan gurat-gurat kebahagiaan di wajah orang tuanya kini diambil kembali oleh Allah, Sang Pemilik Jiwa.

Di lain tempat, Allah sampaikan kisah melalui seorang saudara tentang perampokan, begal dan pembunuhan yang sangat tragis. Seolah-oleh nyawa seperti barang murahan yang bebas dicabut dari raga seseorang.

Dan 2 hari di banjarnegara, Allah tunjukkan betapa luar biasa kuasaNYA. IA selamatkan siapa yang dikehendaki dan IA matikan siapa yang IA kehendaki. Saat longsor sudah "dikira" selesai, Allah gugurkan lagi tanahNYA tuk mematikan sebagian makhlukNYA dan diselamatkan juga sebagian yang lain. Diantara yang meninggalpun IA masih tunjukkan kuasaNYA. IA tunjukkan siapa hamba-hambaNYA yang beriman. IA rawat jenazahnya dengan perawatan yang baik. Dan ketika relawan menemukannya, semuanya takjub dibuatnya. Betapa jenazah itu masih utuh dan tersenyum walaupun sudah beberapa hari tertimbun longsoran.

Allohu Akbar...Allohu Akbar...Allohu Akbar...

Sungguh cukuplah kematian menjadi pelajaran dan pengingat bagi kita hamba-hambaNYA yang masih diberi hidup dan kehidupan di dunia...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar